Nama : ABDUL GHOFUR NPM : 10108005 Kelas : 2KA36 MATERI : TEORI ORGANISASI UMUM 2 TUGAS SOFTSKILL TEORI ORGANISASI UMUM 2 Ruang Lingkup Ekonomi 1.Definisi dan metodologi ekonomi ? Ekonomi adalah ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian barang-barang serta kekayaan seperti : hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan. Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode biasanya metode ilmiah yang berketerkaitan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi. 2. Masalah-masalah yang mempengaruhi mekanisme harga ? Faktor-faktor masalah yang sangat mempengaruhi mekanisme harga adalah krisis financial secara menyeluruh yang menyebabkan penghambatan ekonomi. Akibatnya suku bunga pada perbankan terus menurun. 3. Definisi sistem ekonomi dan macam-macam sistem ekonomi ? Sistem ekonomi yaitu sistem atau hal-hal yang mengatur suatu kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung. Macam-macam sistem ekonomi : a. sistem ekonomi sosialis-komunistik Kebalikan dari sistem ekonomi liberal-kapitalis. Sumber daya ekonomi dikuasai oleh negara. b. sistem ekonomi pasar Individu dan perusahaan bebas menentukan bagaimana kegiatan ekonomi berlangsung. c. sistem ekonomi liberal-kapitalis Sistem yg memberikan kebebasan kepada pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan bagi kepentingan sumber daya ekonomi d. sistem ekonomi terpusat Kebijakan yang menyangkut produksi, distribusi dan konsumsi dibuat dan di tentukan oleh pemerintah. Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran 1.Definisi penawaran dan permintaan ? Penawaran adalah barang yang ditawarkan untuk dijual dengan tingkat harga yang bervariasi. Penawaran ini untuk penjual yang menawarkan barangnya kepada pembeli. permintaan adalah barang yang akan dibeli atau diminta dengan harga tertentu. Permintaan disini bagi masyarakat sebagai konsumen yang membeli barang ataupun jasa. 2. Hukum permintaan dan penawaran ? Hukum penawaran adalah semakin tinggi harga semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Hukum permintaan adalah semakin turun tingkat harga maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta. 3. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran ? Faktor yang mempengaruhi permintaan : a. Harga barang itu sendiri b. Harga barang komplementer (pelengkap) c. Jumlah Pendapatan perkapita d. Selera konsumen e. banyaknya penduduk Faktor yang mempengaruhi penawaran : a. Harga barang tertentu b. Harga barang pengganti c. Biaya produksi barang d. Kemajuan teknologi e. Besarnya Pajak a. Menjelaskan apa yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan dan penawaran ? Hal yg dapat mempengaruhi pergeseran kurva penawaran:  Rata-rata pendapatan konsumen. Apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung lebih konsumtif maka membeli lebih banyak meskipun harga barang tidak murah.  Ukuran pasar. Kota yang populasinya lebih besar biasanya akan membeli lebih banyak daripada kota yang populasinya kecil.  Harga dan ketersediaan produk-produk yang berkaitan. Salah satunya yang penting adalah produk substitusi. Misalnya, permintaan mobil berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.  Pengaruh-pengaruh khusus. Contohnya : permintaan produk jersey bola menjelang musim kompetisi bola. Hal yang dapat mempengaruhi pergeseran kurva penawaran :  Harga input. harga input contohnya mesin dan material mempengaruhi biaya produksi. semakin rendah harganya, semakin banyak kuantitas yang bersedia diproduksi.  Kebijakan pemerintah. Kebijakan seperti pajak, teknologi yang boleh atau tidak boleh digunakan, lingkungan sosial, biaya upah, dan lain-lainnya.  Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya cuaca mempengaruhi produksi pertanian, dorongan yang tinggi akan inovasi menghasilkan produk inovatif, dll.  Tingkat teknologi yang digunakan. Teknologi berkaitan dengan biaya produksi. Perkembangan teknologi yang mengakibatkan menurunkan biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi atas suatu produk semakin banyak jumlah yang diproduksi atau dijual. 4. Penentuan harga keseimbangan ? Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen). sehingga penentuan harga keseimbangan itu dipengaruhi oleh produsen dan konsumen. Disaat produsen mematok harga tinggi, konsumen akan cenderung tidak membeli (tidak sepakat) sehingga mengakibatkan tidak seimbangnya penentuan harga. dan sebaliknya, konsumen yang meminta harga sangat rendah, memaksa produsen untuk tidak memberikan barangnya karna akan rugi (tidak sepakat) sehingga mengakibatkan tidak seimbang penentuan harga. Sumber : - www.wikipedia.org - www.google.com - www.obrolanekonomi.com - Buku ekonomi karangan yudhistira

0 komentar:

Posting Komentar