ARTIKEL CARA MEMBUAT WEBSITE
1.Pendahuluan
Menurut banyak orang mungkin hanya tahu website tetapi belum banyak yang tahu apa website itu, apa dan bagaimana cara kerja dan pembuatannya, berikut kami akan membahas lebih detail apa dan bagaimana sebenarnya website itu.


2. Pengertian website
Website Anda adalah sebuah tempat di Internet dimana anda bisa menempatkan Informasi, sehingga siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang diri Anda, memberi pertanyaan kepada Anda, memberikan anda masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk Anda.


Semua orang menggunakan Web untuk segala sesuatu mulai dari pekerjaan sekolah sampai dengan memesan makanan karena prosesnya yang cepat, murah, mudah & menyenangkan! Anda tidak perlu meninggalkan meja Anda. Bahkan orang yang suka belanja sekalipun mencari produk yang diinginkan di Web. Kini mereka berusaha mencari produk atau service Anda, tempat pertama yang mereka cari adalah di Web - dan jika mereka tidak dapat menemukan produk dan servis Anda di Web, kemungkinan besar mereka akan menemukan kompetitor Anda yang sudah memiliki Website!

3. Apa yang dapat dilakukan dengan adanya sebuah website?
Website Anda dapat digunakan untuk berbagai tugas, misalnya:
a. Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
b. Memberikan pelayanan kepada Customer Anda
c. Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda
d. Membagi dan mendistribusi file dan foto
e. Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia manapun

Dan tentu saja, menjual produk dan servis Anda. Mungkin hal di atas masih kedengaran kurang menarik, tetapi jangan lupa bahwa Anda dapat melakukan hal di atas tersebut ke seluruh dunia kapan saja .. pada siang maupun malam hari dengan biaya yang sangat murah!

4. Bagaimana cara sebuah website bekerja?
Website hanyalah sebuah kumpulan file yang terletak pada sebuah komputer yang terhubung ke Internet. Ketika seseorang mengunjungi Website Anda, mereka sebenarnya hanya terhubung ke sebuah komputer dan komputer (yang kemudian disebut sebagai Server) tersebut memberikan file yang ingin mereka lihat.

Ini kedengaran simple, tetapi umumnya komputer biasa tidak memiliki power dan software yang dibutuhkan untuk merespon semua permintaan yang dibutuhkan oleh pengunjung Website Anda. Dan walaupun komputer/server Anda sanggup, komputer Anda akan membutuhkan koneksi/akses Internet yang luar biasa cepat untuk melayani jumlah pengunjung Website Anda.

Umumnya perusahaan kecil tidak sanggup menjalankan sebuah Web Server dan sejak itulah perusahaan Web Hosting dibutuhkan!

5. Apa saja yang diperlukan dalam membuat website?
a. Pertama anda persiapkan adalah alamat Website (Domain).

Apa itu domain?
Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Mengapa membutuhkan domain?
Tiap host di internet akan mempunyai alamat IP (Internet Protocol), untuk mengidentifikasi host atau untuk "membedakan" antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Alamat IP tersebut berupa 4 angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Masing-masing angka mewakili delapan bit alamat internet. Sebagai contoh adalah 202.114.143.4. Yang perlu diperhatikan bahwa masing-masing angkat tersebut tidak boleh lebih besar dari 255.

Meskipun format IP dapat dibaca dengan jelas (terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik), alamat IP kurang berciri dan sulit diingat.

Karena tiap alamat IP mengacu pada satu dan hanya satu host jaringan, maka bagi internet relatif mudah dalam menetapkan sistem penamaan untuk suatu host jaringan. Sejumlah ketentuan yang telah didefinisikan dengan baik untuk penamaan komputer pada jaringan telah mengalami perkembangan bersama layanan directory untuk mencari nama. Ketentuan serta layanan direktori secara kolektif dikenal sebagai Domain Name System (DNS). Domain adalah kelompok host jaringan yang diberi nama.

Untuk itulah Anda akan membutuhkan "Nama Domain" (misalnya alamat domain berupa "www.PerusahaanAnda.com" atau "www.PerusahaanAnda.co.id"). Dengan membeli Nama Domain tersebut, pengguna Internet cukup memasukkan "www.PerusahaanAnda.com" ke Internet Explorer (browser) mereka untuk mengunjungi Website Anda. Sebagai contoh: untuk mengunjungi Website Yahoo, Anda cukup memasukkan kata "www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke Internet Explorer Anda (tanpa www dan dengan www sama saja, nama domain bahkan tak mengenal huruf besar dan kecil). Nama Domain tersebutlah yang akan mengantarkan pengguna internet ke Website Anda!

b. Kedua adalah Hosting
Setelah Anda mendapatkan alamat Website/Nama Domain Anda, kini Anda akan membutuhkan servis yang dinamakan Web Hosting.

Apa itu Hosting?
Web Hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server Internet kami untuk menempatkan dokumen-dokumen web Anda ( html, database, audio, video, dsb ) sehingga menjadi sebuah Homepage / situs web yang dapat dikunjungi dari seluruh dunia. Isi Website itu sendiri.

Mengapa Membutuhkan domain?
Bila Anda mempunyai sebuah bisnis dan ingin agar informasi bisnis Anda mudah ditemukan oleh khalayak dunia, atau ingin citra perusahaan Anda meningkat dengan online di Internet, atau bila Anda memang mempunyai bisnis berbasis Internet, maka Anda memerlukan sebuah server yang terhubung dengan Internet selama 24 jam sehari untuk menempatkan homepage Anda.

c. Isi dari website
Menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan seperti
a. content : informasi yang akan dimuat kedalam website yang berupa text dan kumpulan foto-foto
b. Design : tampilan yang dibuat untuk keindahan tampilan diwebsite sehingga menarik perhatian para pengunjunag agar betah melihat website anda, sehingga tertarik melihat seluruh informasi yang anda telah siapkan.




7. bagaimana cara membuat design atau isi website?
Ya..

Yang pertama pastinya kita memiliki jiwa seni agar nanti kelak jika telah selesai orang yang melihatnya menjadi senang dan tertarik melihat keseluruhannya

membuat halaman web bisa menggunakan software apa saja, tetapi kita juga harus tahu script yang digunakakan. Dalam hal ini script atau perintah HTML, tapi ada beberapa software

contoh jika menggunakan software Microsoft Office seperti world ato exel pun bisa membuat halaman web tinggal kita design tampilannya kemudian kita Save As html itu sudah bisa halaman web, tetapi dalam hal ini, jika kita menggunakan untuk memasukkan script atau perintah tertentu yang berbasis html itu sangat susah.

Untuk script atau perintah dasar dari html bisa dipelajari atau di buka melalui http://www.rumahweb.com/journal/dasar-dasar-html-i.htm

Tapi ada juga beberapa software yang memang khusus digunakan untuk membuat design tampilan website. Seperti yang biasa saya pergunakan untuk membuat design website antara lain
Untuk membuat design awal atau layout tampilan saya menggunakan software adobe Photoshop mungkin temen dan para pendengar disini sudah ada yang familiar dengan software ini. Software ini biasa untuk mengedit foto dan mempercantik tampilan dan membuat gabar yang akan ditampilkan di website nanti.

Kemudian saya modifikasi kembali menggunakan software Macromedia Dreamwaver dimana seperti saya katakan tadi disini diperlukan pengetahuan tentang script atau peritah HTML, dengan software ini saya gabungkan gambar-gambar yang telah di edit tadi dari photosoft ditambah dengan text atau informasi yang ingin dimasukkan kedalam website tadi.

Jika dalam website nanti unk mempercantiknya dibutuhkan animasi, maka saya menggunakan Macromedia flash untuk membuat file animasinya kemudian saya masukkan kehalaman HTML tadi menggunakan Dreamwaver tadi.

Nah ada juga mungkin teman yang sudah tau dan sudah ahli menggunakan perintah html jika tidak ada software dreamwaver bisa biasanya menggunakan software notepad untuk melakukan sedikit perubahan pada file html tadi.

8. Upload file
sampai disini saya sampaikan akhirnya halaman web sudah selesai tetapi hanya bisa di lihat di computer kita saja orang lain diluaran sana belum bisa melihatnya hasil karya kita, maka untuk itu perlu kira kirim keinternet tepatnya ke tempat hosting kita tadi, seperti yang sebelumnya saya jelaskan.

Untuk mengirim file tersebut kira membutuhkan bantuan software memang khusus untuk melakukan transfer file (FTP = File Tranfer Protokol.).

Beberapa software yang biasa digunakan yang memiliki fasilitas ini antaralain ada : WSFTP pro, Turbo FTP, Filezilla, Internet explorer pun bisa digunakan dan mungkin masi banyak software yang masih bisa digunakan.


KESIMPULAN
Website adalah salahsatu media dalam mencari informasi apapun
Membuat website tidaklah susah.

1 komentar:

Saya mau menambahkan untuk membuat website biasanya butuh hosting, dan tak perlu harus menggunakan hosting berbayar. Pakai saja hosting gratis yang cukup memuaskan seperti PandanaHosting.com

Salam WPro

Posting Komentar